Newsletter Migrant CARE Edisi Khusus 2017 – Menyongsong Era Baru Tata Kelola Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

0
1443
cover-newsletter edisi khusus 2017

Tiada kata yang dapat mengungkapkan kegembiraan kami untuk kembali menyapa para pembaca Newsletter Migrant CARE. Setelah dalam waktu yang cukup lama, kini Newsletter Migrant CARE kembali hadir dengan format dan nuansa yang baru. Edisi kali ini adalah edisi khusus untuk mengulas dinamika situasi dan beragam kegiatan yang Migrant CARE lakukan di sepanjang tahun 2017.

Edisi khusus ini disusun bertepatan dengan disahkannya Undang-Undang No. 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI) pada November 2017. UU PPMI menjadi penantian panjang bagi banyak orang yang mendambakan adanya kebijakan baru yang lebih berpandangan pada perlindungan pekerja migran. Dalam dokumentasi Migrant CARE, butuh waktu kurang lebih tujuh tahun proses legislasi hingga akhirnya Undang-Undang baru ini disahkan.

Berbagai kemajuan tercatat di dalam batang tubuh UU PPMI, seperti peran Pemerintah Desa hingga Pemerintah Daerah, hingga adanya pengakuan atas hak dan jaminan sosial bagi pekerja migran. Hal ini mengarahkan kita pada era baru kebijakan dan tata kelola perlindungan buruh migran.

Dalam rubrik kilas problematika, kami mengajak para pembaca untuk mengetahui beberapa kasus pekerja migran yang terjadi sepanjang tahun 2017. Di antaranya adalah kasus tindak pidana perdagangan orang yang dilakukan sebuah perusahaan penempatan di Jawa Tengah. Kemudian kasus penganiayaan keji yang menimpa seorang pekerja migran asal Medan. Hingga terungkapnya angka kematian yang tinggi pada pekerja migran asal Nusa Tenggara Timur di sepanjang tahun 2017.

Berbagai rangkaian kegiatan pun kami rangkum dalam suatu rubrik merespon situasi-situasi terkini isu pekerja migran. Tidak lupa, kami juga mengabarkan tentang aktivitas salah satu Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI). Rangkaian informasi ini kami hadirkan dalam Newsletter Edisi Khusus 2017 ini untuk publik dan pemerhati isu pekerja migran. Selamat membaca dalam edisi digitalnya berikut ini!

Newsletter MC – Edisi Khusus 2017-min