Tinjauan Awal – Pandemi Covid19: Tantangan Nyata TPB di Indonesia

0
691
Cover - Covid19 dan Pencapaian TPB di Indonesia

Memasuki awal tahun 2020, kecamuk pandemi Covid-19 memporak-porandakan berbagai skenario global. Hampir seluruh negara terdampak dan mengambil respons kebijakan pembatasan sosial untuk mengantisipasi persebaran virus.

Laporan Global Kemajuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) terbaru menyatakan bahwa sebelum Covid-19, posisi dunia masih belum berada pada jalur yang tepat untuk mencapai TPB. Meskipun telah memperlihatkan beberapa indikator kemajuan, namun masih belum merata dan bahkan membutuhkan perhatian yang lebih serius pada beberapa bidang. Meluasnya persebaran virus dan dampak Covid-19 dapat dipastikan akan mempengaruhi pelaksanaan upaya-upaya dalam pencapaian TPB, termasuk dalam konteks Indonesia.

Atas dasar situasi tersebut, sebagai salah satu organisasi masyarakat sipil yang juga aktif mengawal pencapaian TPB sebagai hal yang melekat pada kepentingan pekerja migran, Migrant CARE melakukan penilaian awal mengenai dampak Covid-19 terhadap pelaksanaan TPB di Indonesia. Dokumen ini disusun dalam waktu kurang lebih satu bulan dan merujuk pada beberapa hasil kajian yang telah dilakukan oleh lembaga internasional dan pemerintah Indonesia. Unduh laporan lengkapnya di bawah ini:

Tinjauan Awal – Pandemi Covid19_Tantangan Nyata TPB di Indonesia – Migrant CARE, September 2020