Laporan Hasil Pendataan DESBUMI, Pembaruan Data Per-2017

0
61

Pendataan tentang mobilitas buruh migran menjadi salah satu tahapan awal yang dilakukan dalam proses pembangunan Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) yang digagas oleh Migrant CARE bersama mitra di tingkat daerah dengan dukungan dari Program MAMPU. Pendataan atau survei ini dilakukan sebagai langkah awal untuk menganalisa permasalahan yang dapat digunakan untuk menentukan langkah-langkah advokasi dan pengorganisasian selanjutnya.

Hasil dari pendataan yang dilakukan diharapkan mampu menjadi basis data yang valid terkait tinjauan beragam aspek terkait migrasi tenaga kerja secara kuantitatif maupun kualitiatif. Hal ini dibutuhkan untuk dapat merumuskan rencana dan pelaksanaan advokasi yang strategis. Bagi desa, hasil pendataan dapat menjadi sebuah landasan perumusan kebijakan terkait migrasi tenaga kerja di tingkat desa maupun untuk mendorong perumusan kebijakan di tingkatan pemerintahan yang lebih tinggi.

Hingga tahun 2017, pendataan DESBUMI sudah dilakukan di 25 desa wilayah pendataan yang tersebar di 5 Provinsi. Pendataan DESBUMI dilakukan pada tahun 2014 dan tahun 2016. Dari pendataan yang dilakukan, terdokumentasi sejumlah 3.133 data. Berikut adalah ulasan data-data dari survei yang dilakukan.

20171012_Laporan Pendataan_All Data_update2017