Catatan Akhir Tahun 2015

0
1581

Tahun 2015 ini merupakan peringatan seperempat abad terbitnya Konvensi Internasional untuk Perlindungan Hak-hak Buruh Migran dan Anggota Keluarganya, dimana peringatannya sebenarnya berlangsung sepanjang tahun ini dengan tema Step it Up: Dignity, Rights and Development. Pesan dari tema tersebut adalah Langkah Maju untuk Penghormatan Martabat, Perlindungan Hak Buruh Migran dan Pembangunan Yang Menyejahterakan Buruh Migran.

Dalam konteks dan situasi yang dihadapi buruh migran Indonesia, tema tersebut tentu masih sangat relevan untuk menegaskan dan meneguhkan kembali komitmen perlindungan terhadap hak-hak buruh migran Indonesia dan anggota keluarganya. Sebenarnya sejak 12 April 2012, parlemen Indonesia sudah meratifikasi instrumen tersebut dan menjadikannya sebagai legislasi dengan UU No. 6 tahun 2012 tentang Ratifikasi Konvensi Perlindungan Hak-hak Buruh Migran dan Anggota keluarganya. Namun demikian hingga saat ini, ratifikasi tersebut hanya berhenti menjadi tumpukan dokumen diatas kertas dan belum konkrit diimplementasikan dalam bentuk pembaruan kebijakan dan pelembagaannya.

Sampai sekarang, kebijakan mengenai penempatan dan perlindungan buruh migran Indonesia dalam bentuk undang-undang dan semua turunannya masih belum berpedoman pada instrumen tersebut. Padahal sebagai Negara yang menjadi bagian dari kesepakatan internasional tersebut, kewajiban utama yang dilakukan adalah mengharmonisasi kebijakan-kebijakan nasional agar berkesesuaian dengan instrumen perlindungan hak buruh migran dan anggota keluarganya. Akibatnya, kerentanan dan pelanggaran hak asasi yang dihadapi oleh buruh migran Indonesia dan anggota keluarganya masih terus terjadi.

Catatan-Akhir-Tahun_Migrant-CARE-2015