Newsletter Migrant Care Edisi Mei – Juni 2011

0
253

Pembaca yang berbahagia, salam kenal dari kami yang baru bisa menyapa anda kembali lewat tulisan yang khusus diniatkan untuk berbagi informasi seputar buruh migran Indonesia dan anggota keluarganya. Kami ingin terus menyebarkan gelora perjuangan untuk perlindungan terhadap BMI kita.

Seperti semangat yang terus mengiang di telinga kami dalam gagasan besar pendiri bangsa ini meletakkan tujuan bersama sebagai bangsa “Mencerdaskan Bangsa dan Melindungi segenap tumpah darah Indonesia”. Makna terdalam dari kalimat di atas bahwa bangsa yang cerdas adalah ketika pemimpin bangsa bisa belajar dari pengalaman untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa(warga Indonesia). Sehingga tidak ada lagi penjajahan dalam bentuk apapun dan di manapun.

Pemerintah juga harus melindungi segenap tumpah darah warga Indonesia di manapun mereka berada baik buruh di pabrik-pabrik/perusahaan yang nasional dan internasional, termasuk tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Luar Negeri, buruh tani, nelayan, mahasiswa dan warga miskin yang seyogyanya dijamin kehidupannya dan dilindungi oleh Negara. Kali ini kita akan hadir dengan mengulas seputar peringatan hari buruh se dunia dalam bentuk perenungan bersama mulai dari ulasan sejarah gerakan buruh sedunia realitas buruh di Indonesia kini. Dalam rubrik opini kita akan mengenai hasil temuan BPK atas penanganan dan perlindungan terhadap BMI.

Di topik kilas problematika buruh migran akan kita sajikan tentang kasus pemulangan TKI overstays dan bermasalah di Arab Saudi, cerita pilu dari bebasnya sang majikan Sumiati, dan kasus upaya pemulangan jenazah Komalasari yang ditemukan meninggal. Juga sekilas tentang kasus penyandraan ABK oleh perompak Somalia dalam edisi ini kami ketegahkan untuk pembaca setia. Di lembar terakhir setiap terbit kami akan selalu informasi penting bagi BMI dan anggota keluarganya yakni informasi mengenai asuransi bagi BMI dan formulir untuk pengaduan kasus ke Migrant CARE.

Inilah sajian Suara Buruh Migran kita edisi kali ini, semoga pembaca yang budiman mendapatkan semangat perjuangan untuk menegakkan keadilan dan
mengupayakan kesejahteraan bagi BMI dan anggota keluarganya.

News Letter_Migrant CARE_Edisi Mei-Juni 2011